×

9 Teknik menulis yang benar

9 Teknik menulis yang benar

9 Teknik Menulis yang Benar

Menulis adalah salah satu sarana atau media untuk menyampaikan Informasi, ide, pendapat, gagasan atau saran dalam bentuk rangkaian kata dan kalimat. Menulis adalah proses untuk menghasilkan karya tulisan yang bersumber dari ide dan pikiran. Tentu tidak bisa asal menulis jika kita menginginkan hasil tulisan yang benar dan berkualitas. Ada teknik-teknik menulis yang perlu kamu kuasai untuk membuat tulisan yang dapat dibaca oleh pembaca atau orang lain. Berikut 9 teknik menulis yang benar bisa kamu dilakukan untuk memulai menulis:

1. Jenis tulisan
Dalam tulis menulis kita harus menentukan dulu jenis tulisan apa yang akan dibuat. Apakah tulisan ini berupa opini, penyampaian fakta, atau sekedar untuk hiburan. Jenis tulisan juga akan mempengaruhi tahapan-tahapan menulis berikutnya serta pesan yang ingin disampaikan dalam tulisan nantinya.

2. Pertimbangan pembaca
Carilah bahan tulisan yang bagus dan menarik dan yang belum pernah di baca oleh pembaca agar tulisan kita menjadi sebuah informasi yang berguna bagi pembaca dan menjadi inspirasi bagi orang lain untuk memulai menulis.

3. Orientasi publik
Tulisan yang kamu buat harus disesuaikan dengan tujuan dan target mana yang akan membacanya karena sangat penting bagi penulis untuk menargetkan tulisannya. Selain itu Orientasi publik akan lebih membantu dalam kelancaran tulisan yang sedang kita kembangkan karena kita tahu pasti sasaran informasi yang dituju.

4. Tentukan Tema dan Ide tulisan
Menentukan Tema adalah pokok pikiran yang akan menjadi landasan dari tulisan kita, sedangkan Ide adalah materi yang akan dibahas secara mendalam di tulisan kita. Tema dan Ide bisa didapat dari riset atau observasi yang dilakukan dan pengembangannya tentu dengan informasi yang didapat dari riset atau observasi tersebut.

5. Pengembangan Ide
Pada tahap ini keterampilan dan kemampuan bahasa serta penguasaan kosa kata sangat diperlukan. Untuk membuat tulisan yang baik maka Ide yang dikembangkan harus memiliki penyusunan kata-kata atau penempatan kosa kata  yang mudah dimengerti oleh pembaca.

6. Unsur tulisan
Selain kata atau kalimat yang baik, unsur tulisan lain juga perlu diperhatikan. Misalnya tentang keefektifan kalimat, kalimat yang efektif bukan hanya dengan kata-kata yang baik tapi juga mampu menyampaikan pesan tulisan dengan tepat ke pembaca anda.

7. Gaya tulisan
Gaya tulisan kamu merupakan tanda pengenal kepada pembaca. Setiap penulis biasanya mempunyai gaya masing-masing dalam menulis dan menyusun kalimat, ini yang akan menjadikan mereka tampak berbeda meskipun sama-sama sebagai penulis.

8. Ejaan Yang Disesuaikan
Tulisan yang baik haruslah yang bisa dimengerti oleh pembacanya, baik dari susunan kata, penggunaan tanda baca, imbuhan dan awalan, serta kalimat yang baku.

9. Melakukan penyuntingan
Setelah selesai membuat tulisan maka ini saatnya untuk memperhatikan kembali tulisan kamu dan mengedit tulisan mana yang kurang. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya ejaan atau kata yang salah, kalimat yang ambigu atau makna tulisan yang begeser.

"Menulis adalah cara terbaik untuk membuka jendela dunia - nusasatu"

KOMENTAR



ARTIKEL LAINYA


IKLAN


Nusasatu

Nusasatu

@ladoeng

Nusasatu adalah situs web untuk berbagi Foto, Artikel dan menyajikan beragam informasi langsung dari sumbernya.
Lokasi DKI Jakarta
Alamat Jl. Pusdiklat Depnaker No.02, RT.9/RW.5, Makasar, Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13570
Diposting 4 bulan lalu
Shared 0
Dilihat 251 kali
Penawaran terlaris Gratis Ongkir