×

Menundukkan pandangan di tengah bertebarnya kerusakan

Menundukkan pandangan di tengah bertebarnya kerusakan

Menundukkan pandangan di tengah bertebarnya kerusakan di sekitar kita memang bukan soal mudah. Keimananlah yang kemudian menjadi filter terhadap apa yang dilihat oleh mata. Dua mata yang merupakan nikmat Allah subhanahu wa ta’ala ini kita pakai untuk melihat yang haram, melihat laki-laki atau perempuan yang bukan mahram, melihat gambar-gambar yang mengumbar aurat, melihat ini dan itu. Wallahul musta’an. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

كُتِبَ عَلَى ابْنِ آدَمَ نَصِيبُهُ مِنَ الزِّنَا، مُدْرِكٌ ذَلِكَ لَا مَحَالَةَ، فَالْعَيْنَانِ زِنَاهُمَا النَّظَرُ، وَالْأُذُنَانِ زِنَاهُمَا الِاسْتِمَاعُ، وَاللِّسَانُ زِنَاهُ الْكَلَامُ، وَالْيَدُ زِنَاهَا الْبَطْشُ، وَالرِّجْلُ زِنَاهَا الْخُطَا، وَالْقَلْبُ يَهْوَى وَيَتَمَنَّى، وَيُصَدِّقُ ذَلِكَ الْفَرْجُ وَيُكَذِّبُهُ

“Ditetapkan atas anak Adam bagiannya dari zina, akan diperoleh hal itu, tidak bisa tidak. Kedua mata itu berzina dan zinanya dengan memandang (yang haram). Kedua telinga itu berzina dan zinanya dengan mendengarkan (yang haram). Lisan itu berzina dan zinanya dengan berbicara (yang diharamkan). Tangan itu berzina dan zinanya dengan memegang. Kaki itu berzina dan zinanya dengan melangkah (kepada apa yang diharamkan). Sementara hati itu berkeinginan dan berangan-angan, sedangkan kemaluan yang membenarkan semua itu atau mendustakannya.”

📚 (HR. Muslim no. 2.657)

☝Pernyataan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa zina mata dengan memandang sesuatu yang tidak halal merupakan dalil yang jelas tentang keharaman perkara tersebut, sekaligus peringatan dari hal tersebut. Telah dimaklumi bahwa pandangan mata merupakan penyebab jatuhnya seseorang pada perbuatan zina. Sebab, sering memandang kecantikan seorang wanita terkadang menjadi faktor yang menyebabkan seorang lelaki jatuh cinta kepada si wanita sehingga ia binasa karenanya. Jadi, pandangan adalah pos pengantar kepada zina.

🔰 UKHUWAH ANAK KULIAH 🔰 •• ════════ ❁✿❁════════ ••

by. Galeri UAK

Menundukkan pandangan di tengah bertebarnya kerusakan
Menundukkan pandangan di tengah bertebarnya kerusakan
MENAHAN PANDANGAN MATA Menundukkan pandangan di tengah bertebarnya kerusakan di sekitar kita memang bukan soal mudah. Keimananlah yang kemudian menjadi filter terhadap apa yang dilihat oleh mata.

KOMENTAR



ARTIKEL LAINYA


IKLAN