×
Copyright © Nusa satu 2020, All Right Reserved

Nusasatu

2 bulan lalu

COVID-19: Pada Bumi Kita Belajar

Sebulan lebih kita telah berada di rumah. Rasanya kita sudah merasakan new normal bekerja dari rumah (Work From Home-WFH). Selama dua minggu kemarin, saya sebagai Wakil Dekan memantau jalannya Ujian Tengah Semester secara online, bersama Wakil Rektor III mengurusi beberapa masalah kemahasiswaan dan sebagai dosen saya terus melaksanakan penilaian tugas dan pembimbingan mahasiswa S1 dan S2 saya.

Baik melalui e-mail dan juga melalui Zoom meeting. Yang menarik adalah saya lebih kerap ke dapur daripada sebelumnya! Dan tiba-tiba saja, suami dan anak-anak lebih suka masakan saya daripada memesan makanan dan minuman secara online. Kehidupan keluarga terasa hangat, membahagiakan.

Namun, kekhawatiran menyeruak juga. Ada beberapa mahasiswa S2 saya yang tidak lagi praktik dokter, menyampaikan bahwa penghasilan agak tersendat, ada juga mahasiswa S1 yang berasal dari keluarga biasa-biasa saja yang mengeluh karena ayah atau ibunya dirumahkan tanpa gaji dan keluhan lain yang intinya adalah wabah COVID-19 ini amat menyusahkan mereka secara finansial. Pemerintah Indonesia juga memutuskan tidak lockdown agaknya karena mempertimbangkan ini. Mempertimbangkan aspek ekonomi. Tak semua orang dapat bekerja dari rumah. 

Ramadhan kali ini juga terasa berbeda. Biasanya, awal Ramadhan ada kebiasaan sebagian besar orang Indonesia untuk berziarah ke kubur keluarga, untuk membersihkan kubur dan menyirami tanahnya dengan air bunga. Itu tak terjadi, banyak orang yang memutuskan untuk berdoa saja dari rumah bagi kedamaian arwah-arwah yang sudah berpulang.

Mudik juga dilarang, padahal ini biasanya adalah puncak kemenangan puasa, berkumpul dengan saudara mara di kampung halaman. Baca selengkapnya COVID-19: Pada Bumi Kita Belajar by.kumparan


0 Komentar Suka 103 Dilihat
Silakan login untuk menambahkan komentar