×
Copyright © Nusa satu 2020, All Right Reserved

Nusasatu

1 Bulan lalu

Mahfud Indeks Penularan Corona DKI dan Provinsi di Bawah Siap New Normal

Menko Polhukam Mahfud MD, mengatakan indeks penularan virus corona (Ro) di Provinsi DKI Jakarta sudah 0,9. Dengan indeks yang sudah di bawah 1, Mahfud meyebut, DKI Jakarta sudah bisa bersiap menerapkan new normal. 

Menurunnya indeks penularan virus corona tersebut, menurut Mahfud, disebabkan upaya PSBB yang ketat di Ibu Kota.  
"Ini ada penurunan kalau ada pembatasan. Tapi semuanya bisa dihitung. Jakarta sekarang sudah 0,9 (Ro-nya)," ujar Mahfud dalam acara Webinar bersama UNS, Selasa (26/5). 

Meski tak menyebut detil, Mahfud menuturkan ada sembilan provinsi lainnya yang indeks penularan virus sudah berada di bawah 1. Namun, Mahfud tak menampik soal masih adanya beberapa daerah yang angka penularannya masih tinggi hingga saat ini.

"Ada sembilan provinsi yang sekarang di bawah satu, nih lumayan bagus. Tapi ada juga yang tinggi sekali, di Gorontalo, Jawa Timur dan macam-macam itu. Itu ada perhitungannya," ungkap Mahfud. 
Berdasarkan data tersebut, pemerintah saat ini perlahan akan memulai kembali sejumlah aktivitas dalam kondisi new normal. Alasan ekonomi menjadi latar belakang utama pemerintah memberlakukan new normal. 

Apalagi, corona hingga saat ini belum bisa ditemukan.  
"Nah di dalam keadaan itulah kita berpikir bagaimana kita hidup normal dengan fakta-fakta itu," kata Mahfud.

Sebelumnya pemerintah telah menetapkan 3 indikator yang menjadi penentu dalam menetapkan protokol hidup new normal di tengah wabah corona. 3 indikator ini dibahas dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi, Rabu (20/5). 

Tiga indikator yang disebut berdasarkan standar dari WHO itu yakni tingkat penularan corona di suatu wilayah atau reproductive number (RO), kesiapan sistem kesehatan tiap daerah, serta terakhir soal kemampuan pemerintah untuk mengetes corona.  

Pemerintah menyebut, secara nasional Ro Indonesia masih mencapai 2,5, artinya satu orang bisa menularkan virus corona ke dua atau tiga orang lain. Indeks yang aman untuk menerapkan new normal jika Ro sudah di bawah 1.  by. kumparan


0 Komentar Suka 44 Dilihat
Silakan login untuk menambahkan komentar


Music Today
Music Today
Andra and the backbone
Andra and the backbone
KLa Project
KLa Project
Music Today
Music Today adalah Info musik terbaru di Indonesia dan mancanegara, video musisi, album baru dan trend musik terbaru yang terupdate
Galeri Poster Dakwah
Galeri poster dakwah islamiyah visual yang berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah dengan pemahaman Sunnah - Nya #poster #dakwah #religi
BAHAYA SIKAP TALAWWUN
0 Suka
Balasan bagi yang bertawakal
0 Suka
Binasa karena lisan
0 Suka
Tawakal adalah senajata terbaik umat muslim
0 Suka
people walking on snow covered field near brown concrete building during daytime
0 Suka
gambar masjid yang indah
0 Suka
Join Nusasatu untuk menulis Timeline dan Artikel