×
Copyright © Nusa satu 2020, All Right Reserved

Nusasatu

1 Bulan lalu

Menag Izinkan Akad Nikah di Rumah Ibadah, Asal Dihadiri Maksimal 30 Orang

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Fachrul Razi mengeluarkan aturan terkait penyelenggaraan akad nikah di rumah ibadah selama masa pandemi virus corona Covid-19.

Dalam Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 itu, akad nikah dapat kembali digelar di rumah ibadah namun peserta yang hadir dibatasi dengan jumlah maksimal 30 orang.

"Membatasi jumlah peserta yang hadir maksimal 20 persen dari kapasitas ruang dan tidak boleh lebih dari 30 orang," kata Fachrul Razi, Sabtu 30 Mei 2020.

Selain itu, peserta yang menghadiri akad nikah di rumah ibadah pun harus dipastikan dalam kondisi sehat dan negatif virus corona. Dia juga meminta agar pelaksanaan akad nikah dilakukan dengan waktu yang singkat dan efisien.

"Pertemuan dilaksanakan dengan waktu seefisien mungkin," ucap Fachrul.

Surat Edaran Nomor 15 tahun 2020 ini dikeluarkan menyusul rencana pemerintah untuk menerapkan new normal atau tatanan kehidupan baru di masa pandemi corona.

Pemerintah ingin masyarakat dapat kembali melaksanakan kegiatan peribadatan di rumah ibadah namun tetap aman dari penyebaran virus .

Kendati begitu, Fachrul menjelaskan rumah ibadah dapat menggelar kegiatan berjamaah apabila mengantongi Surat Keterangan (SK) Rumah Ibadah Aman -19 dari Ketua Gugus Tugas Provinsi/Kabupaten/Kota/Kecamatan.

SK tersebut didapat apabila kawasan/lingkungan sekitar rumah ibadah berada di zona aman Covid-19.

"Surat Keterangan akan dicabut bila dalam perkembangannya timbul kasus penularan di lingkungan rumah ibadah tersebut atau ditemukan ketidaktaatan terhadap protokol yang telah ditetapkan,” jelasnya. by. liputan6.com


0 Komentar Suka 60 Dilihat
Silakan login untuk menambahkan komentar


Music Today
Music Today
Andra and the backbone
Andra and the backbone
KLa Project
KLa Project
Music Today
Music Today adalah Info musik terbaru di Indonesia dan mancanegara, video musisi, album baru dan trend musik terbaru yang terupdate
Galeri Poster Dakwah
Galeri poster dakwah islamiyah visual yang berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah dengan pemahaman Sunnah - Nya #poster #dakwah #religi
BAHAYA SIKAP TALAWWUN
0 Suka
Balasan bagi yang bertawakal
0 Suka
Binasa karena lisan
0 Suka
Tawakal adalah senajata terbaik umat muslim
0 Suka
people walking on snow covered field near brown concrete building during daytime
0 Suka
gambar masjid yang indah
0 Suka
Join Nusasatu untuk menulis Timeline dan Artikel