×
Copyright © Nusa satu 2020, All Right Reserved

Nusasatu

28 hari lalu

Perjalanan Rassulullah dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa ditempuh dalam waktu semalam

Pada zamannya, perjalanan yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lakukan dianggap sebagai hal yang luar biasa. Bagaimana tidak, perjalanan sejauh 1238 KM dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa beliau tempuh hanya dalam waktu semalam.

“Tidak masuk akal!” mungkin begitu yang dikatakan Kaum pada saat itu.

Tidak berhenti sampai situ, beliau juga melakukan perjalanan kedua bersama Malaikat Jibril menuju Sidratul Muntaha di langit ketujuh. Di tiap lapis langit beliau bertemu Nabi terdahulu. Kemudian di tempat tertinggi beliau mendapat perintah langsung dari Allah tentang shalat.

Banyak orang yang tidak percaya dengan perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bukan cuma Kaum Qurays, bahkan sebagian Muslim saat itu juga meragukan kisah tersebut. Pada momen inilah Miraj menjadi ujian bagi umat Islam.

Mengimani Kebenaran Isra Miraj

Dalam kitab Sirah Nabawiyah, mengutip perkataan Ibnu Ishaq, Ibnu Hisyam menuturkan bahwa dalam peristiwa Isra . Dan apa yang disampaikan yang dijalani Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di dalamnya terdapat ujian dan bukti kekuasaan Allah.

Di dalamnya terdapat pelajaran bagi orang-orang yang berakal, petunjuk, rahmat, dan pengokohan bagi orang yang beriman kepada Allah dan membenarkan-Nya.

Allah meng-isra-kan beliau seperti yang dikehendaki-Nya untuk memperlihatkan ayat-ayat-Nya sebagaimana yang Dia inginkan, hingga beliau bisa menyaksikan bukti-bukti kekuasaan-Nya, dan kemampuan-Nya mengerjakan apasaja yang dikehendaki-Nya.

Sebagaimana firman Allah subhanallahu wa ta’ala dalam Al-Quran,

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) kami. Sesungguhnya dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”(QS. Al-Israa’ ayat 1)

Yang percaya semakin beriman dan yang tidak percaya semakin dijauhkan dari hidayah.

Orang-orang yang sebelumnya sudah tidak percaya kepada ajaran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. semakin bertambah ingkar. Bahkan di antara orang yang sudah beriman, terutama yang lemah imannya ada yang kemudian murtad.

Abu Jahal dan kelompoknya malah memperolok-olokkan beliau. Mereka mendatangi Abu Bakar untuk menanyakan pendapatnya tentang kisah perjalanan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dengan maksud mengejeknya.

Abu Bakar percaya dan menjawab dengan tegas. “Apabila Muhammad berbicara demikian, sungguh benarlah dia.” Kemudian mereka berkata, “Sungguh kamu membenarkan dia dengan cerita itu?”. Abu Bakar lagi-lagi mengatakan dengan tegas; “Sungguh aku membenarkan dia sekalipun lebih dari pada itu.”

Membuktikan Kebenaran Isra Miraj

Kisah Isra Miraj memang belum bisa dibuktikan kebenarannya secara saintifik.

Banyak pertanyaan tidak terjawab mulai dari hewan yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tunggangi. Atau bagaimana beliau naik ke langit ketujuh dan kembali ke bumi dalam keadaan utuh. Atau apa sebenarnya yang dimaksud dengan langit ketujuh.

Tapi kita tau bahwa ilmu pengetahuan selalu berubah dan berkembang. Hal-hal yang kita ketahui sekarang bisa jadi berbeda di masa mendatang.

Dulu di tahun 36 SM, seorang negarawan asal Romawi bernama Marcus Varro mencetuskan gagasan tentang kuman. Dia mengatakan bahwa terdapat mahluk kecil yang tidak bisa dilihat oleh mata, yang bisa masuk ke tubuh melalui hidung dan mulut dan dapat menyebabkan penyakit serius.

Tentu pendapatnya sulit dibuktikan mengingat keterbatasan ilmu pengetahuan pada saat itu. Namun sekarang keberadaan kuman telah menjadi pengetahuan umum. Berkat ditemukannya mikroskop kita bisa melihat wujud mahluk kecil tersebut.

Mungkin saat ini ilmu pengetahuan manusia belum bisa memecahkan teka-teki dibalik Isra Miraj. Tapi di masa depan, bisa saja kita mulai mengupas rahasia dibaliknya.

Atau mungkin manusia dengan pengetahuan yang terbatas ini tidak akan pernah bisa membuktikan kisah tersebut. Mungkin Allah memang ingin menjadikan Isra Miraj sebagai ujian untuk mengetahui mana kaumnya yang beriman dan mana yang tidak.

Karena keimanan akan menyadarkan bahwa manusia memiliki indera dan akal yang terbatas. Pada akhirnya, Allah adalah yang maha kuasa dan mampu melakukan apapun yang dikehendaki-Nya. by. Kitaumroh


0 Komentar Suka 102 Dilihat
Silakan login untuk menambahkan komentar


Music Today
Music Today
Andra and the backbone
Andra and the backbone
KLa Project
KLa Project
Music Today
Music Today adalah Info musik terbaru di Indonesia dan mancanegara, video musisi, album baru dan trend musik terbaru yang terupdate
Galeri Poster Dakwah
Galeri poster dakwah islamiyah visual yang berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah dengan pemahaman Sunnah - Nya #poster #dakwah #religi
BAHAYA SIKAP TALAWWUN
0 Suka
Balasan bagi yang bertawakal
0 Suka
Binasa karena lisan
0 Suka
Tawakal adalah senajata terbaik umat muslim
0 Suka
people walking on snow covered field near brown concrete building during daytime
0 Suka
gambar masjid yang indah
0 Suka
Join Nusasatu untuk menulis Timeline dan Artikel