×
Copyright © Nusa satu 2020, All Right Reserved

Nusasatu

24 hari lalu

RS Corona UGM Didukung Teknologi Super Pintar

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan Gedung Arjuna dan Gedung Yudhistira Rumah Sakit Akademik (RSA) Universitas Gajah Mada (UGM) di Yogyakarta yang sempat terhenti pada 2010.

Usai diresmikan pada Senin, 8 Juni 2020 kemarin, RSA UGM akan segera dimanfaatkan sebagai rumah sakit rujukan penanganan virus corona (Covid-19) di kawasan Yogyakarta.

 Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan, ruang isolasi dalam rumah sakit rujukan tersebut nantinya akan dilengkapi oleh sejumlah teknologi sistem pintar (smart system).

"Untuk ruang isolasi menggunakan teknologi smart system sejalan dengan Era Industri 4.0. Ruang isolasi tersebut dapat dimonitor dan dikontrol secara langsung maupun jarak jauh (web based) dan pelaksanaanya mengacu pada standar Kementerian Kesehatan dan standar internasional," jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (9/6/2020).

Menurut Danis, terdapat beberapa keunggulan pada ruang isolasi RSA UGM. Antara lain pengaturan negative pressure ruangan sampai dengan -2,5 Pa (pascal) untuk pertukaran sirkulasi udara minimal 12 ACH (Air Change per Hour), lalu Hepa Filter yang dapat menyaring virus dan bakteri hingga besaran 0,3 mikron.

Kemudian, tersedianya ruang Anter Room yakni ruang antara berpintu ganda dengan sistem interlock untuk mencegah ruangan lain terpapar udara dari ruang isolasi, menggunakan lampu UV Germicidal yang mampu membunuh virus dan bakteri, serta CCTV di setiap ruang isolasi sehingga dapat selalu termonitor dari jarak jauh.

"Di samping itu seluruh ruang rawat dilengkapi dengan exhaust fan untuk lebih memproteksi para tenaga medis, lingkungan sekitar serta pasien yang dirawat," sambung dia.

515 Tenaga Kerja

Penyelesaian pembangunan lanjutan dua gedung di RS Akademik UGM dikerjakan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya melalui Badan Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi DIY dengan kontraktor PT Adhi Karya dan Manajemen Konstruksi PT. Virama Karya serta melibatkan 515 tenaga kerja.

Gedung Yudhistira dibangun setinggi 5 lantai dengan luas 4.177 m2. Bangunan ini akan dimanfaatkan untuk fasilitas penyimpanan logistik di lantai 1, ruang Poliklinik Covid-19 di lantai 2, ruang rawat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di lantai 3, 4, dan 5 dengan kapasitas masing-masing 22, 24, dan 23 tempat tidur.

Sementara Gedung Arjuna juga setinggi 5 lantai dengan luas 4.505 m2. Fungsinya untuk ruang ganti medis di lantai 2, ruang istirahat tenaga medis di lantai 3, ruang perawatan PDP dengan kapasitas 23 tempat tidur di lantai 4, dan ruang isolasi kritis dilengkapi negative pressure sebanyak 15 tempat tidur di lantai 5. by. liputan6.com


0 Komentar Suka 44 Dilihat
Silakan login untuk menambahkan komentar


Music Today
Music Today
Andra and the backbone
Andra and the backbone
KLa Project
KLa Project
Music Today
Music Today adalah Info musik terbaru di Indonesia dan mancanegara, video musisi, album baru dan trend musik terbaru yang terupdate
Galeri Poster Dakwah
Galeri poster dakwah islamiyah visual yang berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah dengan pemahaman Sunnah - Nya #poster #dakwah #religi
BAHAYA SIKAP TALAWWUN
0 Suka
Balasan bagi yang bertawakal
0 Suka
Binasa karena lisan
0 Suka
Tawakal adalah senajata terbaik umat muslim
0 Suka
people walking on snow covered field near brown concrete building during daytime
0 Suka
gambar masjid yang indah
0 Suka
Join Nusasatu untuk menulis Timeline dan Artikel