×
Copyright © Nusa satu 2020, All Right Reserved

Nusasatu

1 Bulan lalu

Siap New Normal Subsektor Transportasi Laut Jaga Protokol Kesehatan

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kapten Wisnu Handoko menyampaikan bahwa saat ini diperlukan perjalanan dengan moda transportasi laut dalam rangka mudik Lebaran dan pengetatan pemeriksaan, masih diberlakukan hingga tanggal 8 Juni 2020. Setelah itu, subsektor transportasi laut akan muncul era baru normal di mana masyarakat Mulai menjalankan aktivitas secara normal, namun dengan tetap menerapkan protokol penggunaan kesehatan untuk mencegah penyebaran yang ditransfer -19.

"Ekonomi harus bergerak dan perusahaan tetap bisa menjalankan bisnis yang diminta, seperti perusahaan menjalankan lepas pantai atau lepas pantai atau kegiatan industri dan pabrik juga harus tetap berjalan, sehingga pemerintah harus tetap memfasilitasinya," ujar Wisnu, dalam informasinya, Sabtu (30/5) / 2020).

Hal itu ia sampaikan saat melakukan peninjauan ke Pelabuhan Semayang, Balikpapan hari Jumat (29/5) kemarin. Menurut Wisnu, pergerakan pergerakan ekonomi harus terus bergerak sehingga pergerakan orang, barang, atau pergerakan harus tetap berjalan.

Dalam kegiatan pemantauan di Balikpapan, Wisnu juga berkesempatan melakukan rapat melalui konferensi video (vicon) dengan Satgas Angkutan Laut -19 Balikpapan serta para Kepala KSOP, Kepala UPP, dan Kepala Distrik Navigasi di wilayah kerja Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara ) dalam rangka membahas persiapan dan antisipasi menuju normal baru dalam perencanaan kapal dan pelabuhan.

Pada kesempatan tersebut, Wisnu memberikan arahan agar protokol COVID-19 tetap disetujui dalam masa normal baru dan saat pemberlakuannya nanti harus disikapi dengan bijak oleh semua pihak.

"Dari pantauan di lapangan serta laporan para Kepala UPT, Pelabuhan Balikpapan dan beberapa pelabuhan lain di Kaltim dan Kaltara sudah siap memberlakukan normal baru. Meski demikian, kondisi yang ada sekarang harus dijaga dan diperbaiki agar tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ada," imbuhnya.

Wisnu meminta jajaran terkait agar siap segala sesuatunya sebaik mungkin. 50% dari total kapasitas kapal, penerapan jarak fisik, pemeriksaan kesehatan, penyediaan tempat cuci tangan dan pembersih tangan serta persediaan lain yang harus disediakan sekarang.

Kemudian selain regulator di pelabuhan, operator peran pelabuhan dan perusahaan pelayaran juga sangat penting dalam mendukung baru sesuai normal masing-masing. Oleh karena itu, Wisnu berpesan agar semua pihak mewajibkan setiap penumpang yang naik ke kapal dalam keadaan sehat dan memiliki dokumen pendukung yang dipersyaratkan.

"Seluruh proses pengangkutan penumpang dari awal sampai tiba di pelabuhan tujuan harus menerapkan peraturan kesehatan yang berlaku, termasuk menyediakan ruang karantina di kapal bersama dokter / tenaga medis jika diperlukan-waktu ada penumpang yang sakit," pungkas Wisnu. by. detiknews


0 Komentar Suka 44 Dilihat
Silakan login untuk menambahkan komentar


Music Today
Music Today
Andra and the backbone
Andra and the backbone
KLa Project
KLa Project
Music Today
Music Today adalah Info musik terbaru di Indonesia dan mancanegara, video musisi, album baru dan trend musik terbaru yang terupdate
Galeri Poster Dakwah
Galeri poster dakwah islamiyah visual yang berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah dengan pemahaman Sunnah - Nya #poster #dakwah #religi
BAHAYA SIKAP TALAWWUN
0 Suka
Balasan bagi yang bertawakal
0 Suka
Binasa karena lisan
0 Suka
Tawakal adalah senajata terbaik umat muslim
0 Suka
people walking on snow covered field near brown concrete building during daytime
0 Suka
gambar masjid yang indah
0 Suka
Join Nusasatu untuk menulis Timeline dan Artikel